Senin, 06 Februari 2012

Alat Pengisi Angin Pada Ban

Ban merupakan salah satu komponen pada mobil yang sangat menentukan kenyamanan dalam berkendara. Ban yang terawat dengan baik akan mempunyai umur yang lebih panjang dibandingkan dengan ban yang tidak pernah dilakukan perawatan.
Perawatan pada ban mobil lebih pada pengecekan kondisi angin ban tersebut, dengan kondisi angin yang pas bisa dipastikan umur ban akan menjadi lebih lama. Alat isi angin ban mobil digital menjadikan kita lebih nyaman dalam melakukan pemeriksaan ban. Karena alat pengukur tekanan angin ban tersebut akan menunjukkan berapa tekanan angin yang ada di ban secara numerik.
Karena pentingnya pengecekan kondisi tekanan ban mobil, maka disarankan selalu membawa alat pengukur tekanan ban mobil ini di mobil kita, agar supaya kita selalu bisa melakukan pengecekan setiap saat terhadap kondisi ban mobil kita.
Alat pengukur tekanan angin ini akan sangat membantu kita dalam menjaga keawetan dari ban mobil kita. Karena ban mobil jika tekanan udaranya terlalu rendah maka ban akan menggembung saat mobil dinaiki dan dipakai jalan.
Akibatnya ban akan mengalami keausan tidak rata, keausan akan terjadi lebih cepat pada bagian samping dari ban. Selain itu mobil akan menjadi lebih berat yang disebabkan karena gaya gesekan yang terjadi antara ban dengan jalan menjadi lebih besar, karena jelas permukaan ban yang bersinggungan dengan jalan menjadi lebih luas.
Begitupun juga jika tekanan ban terlalu tinggi, ban menjadi lebih keras yang akibatnya keausan juga menjadi tidak merata. Keausan akan lebih cepat terjadi pada bagian tengah dari ban. Disamping itu kemudi juga akan menjadi lebih susah, karena ban saat dipakai berjalan akan terasa melayang – layang.
Bisa juga dengan tekanan yang terlalu tinggi pada ban menyebabkan ban meletus. Karena suhu menjadi tinggi pada ban saat di pakai jalan, sehingga lama kelamaan akan menyebabkan tingginya tekanan yang terjadi di dalam ban.

0 komentar:

Posting Komentar