Senin, 06 Februari 2012

Aerodinamika Pada Mobil

Sebuah kendaraan bermotor ketika dibentuk haruslah memenuhi standar kelayakan, baik dari segi mesin, kaki-kaki sampai unsur aerodinamika. Terutama ketika mobil akan di design bentuk dan ukurannya, unsur aerodinamika bodi mobil sangat diperhatikan. Agar mobil dapat melaju dengan kecepatan tinggi tanpa mengalami oleng atau lepas kendali terutama saat menikung dibutuhkan perhitungan yang tepat, untuk itu juga dibutuhkan uji aerodinamika pada mobil sebelum mobil bisa di produksi massal dan kemudian disebarluaskan.
Seringkali kita menemui sebuah mobil yang modifikasi bagian belakang dengan menambahkan spoiler, aerodinamika custom spoiler mobil yang dipasang pada bagian belakang mobil ini memiliki fungsi penting
, yaitu sebagai penyeimbang sekaligus pemberat pada saat mobil melaju dengan kencang. Ketika melaju dengan kecepatan tinggi, sebuah mobil akan secara tidak langsung terangkat dari tanah karena tekanan udara yang tinggi, untuk menghindari mobil terangkat dan menjadi lepas kendalilah spoiler ini di pasang. Spoiler tidaklah berat sehingga tidak memberikan pengaruh yang signifikan ketika mobil dalam kecepatan normal. Cara kerja dari spoiler ini adalah dengan memanfaatkan tekanan angin yang akan menekan bodi belakang mobil ke bawah sehingga mobil tidak terangkat ketika melaju dengan kencang.
Selain modifikasi tampak luar mobil, perlu diperhatikan juga aerodinamika mesin mobil, secara umum setiap mobil memiliki mesin dibagian depannya, sehingga perlu diperhatikan keselarasan dan keseimbangan sebuah mesin yang akan dipasang. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang sebuah mobil kini telah memiliki mesin yang sama canggihnya dengan sebuah komputer terbaru yang dapat menyesuaikan dengan kondisi jalanan yang dilaluinya.
Apalagi jika mobil tersebut digunakan untuk balapan yang secara khusus memang didesign untuk melaju dengan kecepatan ekstra tinggi, jika aerodinamika mobil balap tidak diperhatikan mustahil bisa melaju dengan kencang dan menjadi yang terdepan. Pada mobil jenis ini, unsur aerodinamika merupakan salah satu prioritas utama yang menjadi penentu kemenangan. Karena itu bentuk dan modifikasi pada mobil balap menghasilkan aerodinamika yang bisa dibilang nyaris sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar